29.11.10

gantungan kunci dan dompet stnk & buku uji berkala truck

{keychain with vehicle registration & book of periodical vehicle inspection}



Bapakku memintaku membuatkan kantong untuk menyimpan buku uji berkala dan STNK truck miliknya. Jadi hari ini aku membuatnya dengan bahan yang agak berbeda dari sebelumnya, kali ini aku menggunakan bahan kulit sintetis warna coklat yang di padu dengan kain batik. Ini pertama kalinya aku menjahit bahan kulit sintetis, "tak semudah yang ku bayangkan". Mula-mula aku menggunakan mesin jahit portable, hasilnya kulitnya malah rusak, tergores feed dog. Akhirnya aku menggunakan mesin jahit manualku dan berhasil. Feed dog pada mesin jahit portableku "giginya" rapat dan agak runcing sedangkan mesin jahit manual ku "giginya" jarang dan tidak runcing, sehingga tidak menggores.



{My father asked me to make a pounch to keep his vehicle registration & book of periodical vehicle inspection of his truck. So today I made it not using fabric but this time I use synthetic leather materials are in solid brown color combined with batik. This is the first time I've stitched synthetic leather, "not as easy as I imagined." At first I was using a portable sewing machine, the result is actually damaged, the leather skin scratched by feed dogs. Finally, I use a my manual sewing machine and success. I think it's becouse of the feed dog of those sewing machine is different from each other. Feed dog of The manual sewing machine have a rare "teeth" and not to sharp, so did not scratch the synthetic leather, while the portable one have tight "teeth" and rather sharp}




28.11.10

barang bekas

{(used goods) waste not want not}


Aku suka kutipan ini. Kutipan dari venetia's diary, yang kadang-kadang ku tonton di NHK world. Pada dasarnya aku memang tidak suka langsung membuang barang-barang di sekitarku, karena ku pikir, pasti suatu saat nanti, barang ini pasti akan berguna. Ibuku menyebutku tikus yang suka "nyusuh" mengumpulkan barang-barang yang tidak penting ke dalam sarangnya.

{I love this quote. Excerpts from Venetia's diary, which I sometimes watch the NHK world. Basically I do not like direct throw stuff around me, because I thought, surely someday, this stuff would be useful. My mother called me a rat who likes to "nyusuh" collecting things that are not essential to the nest}

Berikut barang-barang yang sayang untuk ku buang :
1. Kawat pembungkus detergen. Untuk kawat ini aku sudah memanfaatkannya untuk merapikan benang dan spull ku. Lihat di sini
2. Kaleng susu bayi. Aku mengumpulkan dari punya keponakanku sendiri dan dari temanku.
3. Viselin atau pelapis/pengeras kain dengan perekat.
4. Kain perca dan potongan kain sisa obras.
5. Sendok detergent.
6. Sendok susu bayi.
7. Gelas/mangkuk es krim.
8. Kertas pola. Selama kursus menjahit aku menggunakan kertas sampul buku berwarna coklat. Sisanya pun tidak ku buang, dan benar, aku bisa menggunakannya lagi untuk melapisi rak dan meja kayu yang di buat dari kayu bekas packingan pula. Lihat di sini.
9. Undangan.
10. Gulungan benang.
11. Gulungan pita. Aku bisa membuat bross dari gulungan pita ini. Lihat di sini

Here are the things i don't waste:
1. Wire wrapping detergents. For this wire I've used it to tidy up my yarn and spull. See here
2.
Cans of baby milk. I have gathered from my nephew and of my friends.

3.
fusible interfacing.

4.
fabric scrap and fabric remnants from overedging sewing machine
.
5.
Detergent spoon
.
6. Baby milk spoon
7. ice cream cup
8.
Paper patterns. During the sewing course I use a brown paper book cover. i didn't throw the rest of the paper and trust me, I could use it again to coat racks and wooden table made from unused wood packingan too. See here.

9. Invitation card
10. Bobbin Thread
11.
Roll of ribbon. I can make Brooch from unused ribbon rolls. See here


Tunggu kreasiku dengan barang-barang bekas ini segera setelah aku menemukan idenya ;)

{just wait my creation with this used goods as soon as i figure out the ideas ;)}


:: REduce REuse REcycle Lover ::


22.11.10

bross merah dan hijau

{Red and green brooch from unused ribbon rolls}

Bross ini terbuat dari roll tempat gulungan pita yang sudah tidak terpakai. Dengan menggunakan pita organdi dan tambahan bunga di tengahnya, jadi deh brossnya ;)













:: REduce REuse REcycle lover ::




20.11.10

amigurumi : cup and teddy bear

Setelah sekian lama, akhirnya kembali lagi ke ""CROCHET". Gara-gara adik iparku pengen belajar crochet. Teorinya jadi lupa-lupa ingat. Jadi...belajar lagi sambil ngajarin. Aku membuat sebuah cangkir kopi. Kebetulan seluruh anggota keluargaku sangat menyukai minum kopi, terutama kopi susu. Jangan tanya polanya ya, soalnya ini coba-coba aja. kalau ditanya lagi pasti ga ingat.








Crochet yang kedua adalah amigurumi teddy bear, aku menamainya Mr.Ranu. Sebenarnya Mr. Ranu ini sudah lama selesai badannya, tapi belum punya tangan.



Setelah jadi badannya, pengen bikin bajunya juga. Sudah mencoba bikin bajunya pake crochet juga, tapi berkali-kali dicoba-coba, kok ga jadi-jadi ya. Akhirnya bikin pakai kain aja ah..
Semula ku pikir membuat baju kecil itu pasti gampang banget, ternyata justru lebih sulit, ya itu tadi karena kecilnya, terutama bagian lengan. Hasil akhirnya lengan ga jadi di pasang dan aku tidak menggunakan mesin jahit, semua aku jahit pakai tangan, pakai tusuk tikam jejak. Tepi kain aku jelujur dengan benang jahit merah 4 lapis.




Aku juga membuatkan sebuah topi untuk Mr. Ranu, tapi kelihatannya kekecilan ya..lol.



Satu hal yang sangat aku sukai dari crochet adalah "kalau salah tinggal di tarik ujung benangnya, dan benangnya kembali lurus" kecuali benangnya jadi berserabut alias keriting.. hihi


bunga suwek dan bunga buah naga

{big flowers around the house}


Ini tentang tanaman dengan bunga besar yang tumbuh di sekitar rumahku. Ketika banjir besar tahun 2009, tumbuh bunga suwek, aku ga tau namanya dalam bahasa indonesia. Bunga Suwek ini nama dalam bahasa jawa. Seperti orang udik, ngambil foto dan video. soalnya belum pernah melihat bunga sebesar ini. Ternyata di kampung halaman orang tuaku di Madiun, bunga seperti ini banyak sekali. Sampai sekarang aku belum pernah melihat bagaimana bentuk buahnya. Yang jelas bunga ini tumbuhnya langsung dari tanah, kata bapak ada umbinya di dalam tanah.



video



Bunga besar yang lain adalah bunga buah naga. Setelah bertahun-tahun di tanam baru berbunga sekali ini dan cuma satu, padahal cabangnya banyak sekali.









perbandingan besar bunga dengan yang nanam pohon buah naga.. ;D



Ini loh yang namanya buah naga, dalamnya ada yang putih dan merah. sedangkan kulit luarnya ada yang merah dan ada yang kuning. Ingin tau khasiat dan kandungan buah naga, klik di gema medika herbal. Kira-kira tanaman buah naga di rumahku kapan berbuahnya ya..???



19.11.10

tutorial : gantungan kunci dompet STNK

{tutorial : making keychains with vehicle registration in it}

Ingat postingku tentang gantungan kunci dompet STNK di minggu pertama Nopember ini? Alhamdulillah, aku bisa membuat tutorialnya. Dan ini adalah tutorial pertamaku. Semoga akan menyusul tutorial-tutorial berikutnya. Selamat mencoba bagi yang ingin membuat terutama yang suka kelupaan bawa STNK hehe .. ;D


apa? bentuknya beda? iya, bentuknya sedikit berbeda dari postingan sebelumnya, aku membuat sedikit penyesuaian *smile

Bahan:


1. kain ukuran ± 25 cm x 18 cm

2. kain keras/viselin ukuran ± 25 cm x 18 cm

3. kain serong/bisban ± 50 cm

4. kain ukuran 5 cm x 7 cm untuk tali, jahit hingga ketika dibalik tali menjadi berukuran panjang 5 cm dan lebar 2 cm.

5. perekat kain, bisa juga menggunakan kancing, kancing ketip, sesuai selera

6. gantungan kunci

7. benang

8. kertas untuk pola


Cara Membuat :


1. buat pola dengan ukuran 16,5 cm x 11,5 cm, dengan bagian atas melengkung

2. potong kain dan viselin sesuai pola, masing-masing sebanyak 2 lembar.


3. setrika kain dan viselin.



4. satukan kain dengan menjahit sedikit pada pinggiran kain agar tidak bergeser ketika memasang bisbannya.


5. jahit bisban pada sebagian tepi kain.


6. lipat sepanjang 6 cm


7. letakkan tali 2 cm dari bawah dan jahit. Berhati-hatilah dan sabar dlm menjahit bagian ini, karena ketebalannya.


8.selesaikan memasang bisban dengan menyatukan lipatan tempat STNK. lalu pasang perekat.

(perhatikan ketika pertama kali memasang bisban dimana memasang bisbannya kain tidak dilipat karena kita perlu memasang tempat tali) jadi di sisi kiri lipatannya tergabung tertutup bisban sedangkan bagian kanan lipatannya terpisah

9. pasang gantungan kuncinya dan ta raaaa.. done!! ;D

Selamat mencoba


*email aku kalau anda membuat gantungan kunci dompet STNK ini.

*Jika ingin berbagi tutorial ini, email aku juga *smile

*commercial use.. hmm.. email aku juga ,^.^,

17.11.10

my blog backsounds

Dengar alunan lagu mendayu-dayu dalam bahasa jepang? hehe.. aku baru coba-coba memasukkannya. walaupun tidak 100% berhasil karena aku tidak berhasil menyembunyikannya ;P

Lagu ini adalah soundtrack dari Spirited Away yg berjudul itsuma nando demo. Aku suka sekali film ini dan gambarnya pun sangat menawan, menurutku ;D makanya aku memilih lagu ini untuk backsound blog.

Aku mengambil lagunya dari http://musik-live.net/
Sedangkan foto-fotonya aku ambil dari coretan tinta



dan dari movie mail




Selamat Hari Raya Idul Adha 1431 H

{Happy Eid Mubarak 1431 H}



Dengan semangat berkurban, mari saling berbagi untuk ringankan beban sesama.
Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT

{In the spirit of sacrifice, let's share to lighten the load for others}
{May we all always in the protection of Allah SWT}




15.11.10

cute award



Alhamdulillah dapat award lagi. Kali ini datang dari
Nurul, Sweetie Garden. Gambar award ini cute banget, kebetulan aku suka banget gambar sapi, terima kasih Mba Nurul. Semoga semakin menambah semangatku untuk terus berbagi pengalaman dan kebaikan.

{Alhamdulillah, i got award again from Nurul, sweetie garden. Picture of this award is very cute, i really really like cow pictures, thanks Nurul. I hope this award could raise my spirit to share experiences and good}



cincin kancing bungkus yenie

{yenie's covered button ring}

aku juga membuat cincin 2 buah cincing dari kancing bungkus dari sisa kain pink yenie. aku membuatnya dari kancing dengan ukuran 44 dan 28.

{I also made 2 covered button ring from yenie's pink fabric scrap. I made from covered button size 44 and 28}


matching dress - clutch - ring yaa..

,^.^,

:: pemesanan {order} ::

email : fitriaa06@yahoo.com

Phone : +62541-9123389

fb : www.facebook.com/fitriaa06

Yenie's clutch

Ingat baju yang ku buat untuk sahabatku yeni, klik di sini untuk mengingatkan.



Karena masih banyak sisa kainnya, akhirnya aku membuat clutch dengan model yang mirip dengan bajunya. Sebelum jadi yang ini, aku mencoba membuat clutch dengan teknik yang berbeda, tapi ternyata tidak berhasil karena ternyata mesin jahitku tidak kuat untuk menjahit clutch tersebut. Akhirnya aku membuat ulang sebuah clutch lagi tapi dengan cara yang biasanya aku pergunakan. Lain kesempatan aku akan memberitahu kesalahan-kesalahan yang ku buat selama membuat clutch.







matching ya

,^.^,


:: Pemesanan {order} ::

fitriaa06@yahoo.com

+62541-9123389

Fb : www.facebook.com/fitriaa06

4.11.10

Peristiwa di subuh hari - kebocoran tabung gas

{gas leak this morning}

Judulnya “Raihan” banget ya. Tapi kejadian ini memang berlangsung ketika subuh, tadi pagi.

Subuh tadi suamiku terbangun dan tidak bisa tidur lagi, sambil berbaring dia menunggu suara adzan. Kira-kiran jam 5 pagi, tiba-tiba dia mendengar suara “tit tit tit…” nyaring banget. Sebelumnya tidak pernah terdengar suara seperti itu di rumah. Trus dia membangunkanku dan bilang “gas bocor”. Kalang kabut aku bangun, keluar kamar, menuju dapur. Suara mendesis, nyaring banget dan bau seperti duren yang menyengat. Suara alarm kebocoran gas “tit tit tit” yang nyaring semakin menambah kepanikan.

Segera aku lagi ke kamar orang tuaku, membangunkan bapak ibuku. Semua berlari ke dapur, tapi tidak ada yang berani mencabut selang gas, suami tidak bisa karena tidak pernah pasang gas,yang biasa bongkar pasang selang gas adalah ibuku, ibuku sudah panik dan gemetar. Bapak juga tidak bisa apalagi aku.

Akhirnya adikku dibangunkan, tapi sebelumnya aliran listrik dimatikan, pintu dapur dibuka, dan menyiapkan handuk basah. Akhirnya adikku yang mencabut selang setelah sebelumnya mematikan alarm dan suara mendesispun berhenti.. haaaaaaaah……

Segera si tabung gas ditutup dengan handuk basah.

Setalah duduk lemas di meja makan, kami kembali mengingat kejadian sebelum kejadian gas bocor ini. Gas ini baru diganti siang kemaren dan di pakai masak sampai sore dan tidak ada gas bocor tuh. Trus sekitar jam 3 pagi aku dan suamiku juga bangun malam dan belum ada gas bocor. Jam 4 bapakku bangun juga tidak terjadi apa-apa. Berarti bocornya gas baru saja terjadi, dan kami semua tidak tau penyebabnya.

Untung Alhamdulillah, syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, kami sekeluarga masih dilindungi oleh-Nya. Beberapa waktu yang lalu bapak membeli alat deteksi kebocoran gas seharga Rp 200.000,- dari bapak loper koran yang tiap pagi mengantar Koran ke rumah. Ketika pertama kali di pasang alat itu berbunyi “tiiit” sekali dan lampu hijau menyala. Ketika itu aku sempat ngomong “susah juga ya mengetahui alat ini berfungsi apa tidak, kalau tidak ada gas yang bocor” dan subuh tadilah ketahuan kalau alatnya berfungsi.


alat pendeteksi kebocoran tabung gas

Berdasarkan kejadian singkat subuh tadi, beberapa hal yang bisa dilakukan ketika mengetahui kebocoran gas :

  1. Jangan panik, kepanikan sama sekali tidak akan membantu menyelesaikan masalah.
  2. Matikan aliran listrik di rumah dan jangan menyalakan api
  3. Buka pintu dan jendela
  4. Segera cabut selang gas dan tutupi dengan handuk/kain basah
  5. Beri selang waktu yang agak lama sampai tidak ada lagi bau gas yang tercium untuk mulai memasang lagi selang gas dan menggunakan kompor gas. Nyalakan bila ada kipas angin untuk menyedot udara/asap keluar dapur (biasanya kipas ini berfungsi 2 arah, meyedot keluar dapur, atau menyedot udara ke dalam dapur). Setelah sekitar satu jam kemudian ibuku mulai lagi menggunakan kompor gas untuk memasak air panas karena ibuku pecandu berat kopi dan tiap pagi harus minum kopi (kebiasaan ini menurun kepada semua anak-anaknya ^_^)

Karena tadi sempat mematikan aliran listrik, rumah jadi gelap gulita, jadi sebaiknya untuk menghadapi keadaan seperti ini sediakan lampu senter di tempat yang gampang terjangkau, dan jangan menyalakan api.


3.11.10

gantungan kunci dompet STNK

{key chain with vehicle registration in it}

Suka lupa bawa STNK? SAMA donk.. makanya biar ga ketinggalan bikin dompet yang ada tempat STNKnya dan sekalian gantungan kuncinya. eh cocok juga loh untuk souvenir pernikahan, dll.




,^.^,

:: made by order :: pemesanan ::

:: email fitriaa06@yahoo.com

:: sms +62541-9123389

:: fb www.facebook.com/fitriaa06


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...