4.10.10

Learning by Doing

Hai, mungkin sebelumnya aku belum pernah bercerita mengenai diriku Jadi sekarang saatnya bercerita sedikit, sedikit saja ya .. ;D terutama tentang kutipan yang ku sukai, “learning by doing” (Kata-kata ini ku dengar dari salah satu teman sekantorku dulu).

Aku seorang ibu rumah tangga biasa, sudah hampir 1 tahun ini berhenti kerja setelah 5 tahun bekerja di 2 perusahaan yang berbeda. Jadi untuk mengisi waktu aku mulai menekuni banyak hobi. Karena waktu luangku sangat banyak, aku mulai mengingat-ingat kembali hobi-hobi yang dulu sangatku sukai. Antara lain jahit-menjahit, dan membuat kerajinan tangan. Ketika memutuskan untuk membuat sebuah blog, aku memikirkan sesuatu nama yang kira-kira bisa menampung semua hobi yang ku sukai, akhirnya aku memilih “griya hobi”. Dimana griya artinya rumah, jadi griya hobi artinya rumah tempat mengerjakan segala hal yang kita sukai, dalam hal ini tidak hanya sekedar mengerjakan di waktu senggang, tapi juga menekuninya.

Aku juga khusus mengambil kursus menjahit baju karena dari dulu sangat suka jahit menjahit dan sangat ingin bisa membuat baju sendiri dan juga karena sekarang ongkos menjahit baju di sini melambung tinggi. Sangat tinggi alias sangat mahal…

Alasan lain membuat baju sendiri adalah sudah sering ketemu sama orang yang berpakaian sama di jalan. Tapi setelah sekian lama aku baru sadar kalau menjahit baju sendiri itu modelnya pasti berbeda dari orang lain, tapi TERNYATA, yang sama itu bahan kainnya .. hiks T_T

Gambar-gambar berikut adalah hasil belajar jahit-menjahitku.



Baju berwarna pink ini adalah salah satu proses “learning by doing”ku karena aku belum pernah belajar membuat baju memakai puring dan resleting jepang, ini termasuk nekad karena aku menyanggupi mengerjakan baju untuk teman baikku. Karena langsung mengerjakannya tahap demi tahap, sedikit-sedikit, pelan-pelan akhirnya aku jadi tahu (tanpa kursus terlebih dahulu) teknik-teknik menjahit baju yang baik. Dalam proses mengerjakan itulah proses saya belajar. Walaupun saya kurang puas pada hasilnya tapi setidaknya saya belajar sesuatu. Dan buat teman baik saya, terima kasih karena mempercayakan kainnya di jahit oleh aku.

Ini belajar membuat baju daster sederhana dengan lengan yang agak kaku.


Ini Belajar membuat baju dengan kerah berdiri seperti kerah seragam anak SD

Nah ... Bagi siapa yang hobi menjahit baju, menurut kalian bagian mana sih yang paling susah untuk dilakukan? kalau aku paling susah menyambung lengan ke baju. membuatku sangat stress... Arrgg :(


9 comments:

  1. mbak Fitria ternyata keren banget !
    baju yang pink itu bagus lho mbak !
    masa sih belum pernah jahit sebelumnya, pasti sebetulnya udah jago deh :)

    bagian menjahit yang paling susah ?
    pattern making, buat baju yang full puring,
    kalo nyambung lengan itu ternyata memang (banyak yang bilang) susah ya
    karena seringnya membuat baju tanpa lengan, jadi lupa cara nyambung lengan :D

    ReplyDelete
  2. kalo bikin baju yg biasa2 aja sih memang bisa mba, tp yg pake puring ya, baru baju yg pink itu. jadi saya mengeluarkan semua stok baju yg pake puring, biar bisa saya amat-amati .. hehe ..

    ReplyDelete
  3. wuuuaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah

    ajarin jahit dong Mbak......

    ReplyDelete
  4. wah...baru mulai dah bagus begitu bu :)
    saingan baru nih :)
    salam kenal...keep on sewing !

    ReplyDelete
  5. Wah mba susi ini.. saya ini penggemar beratnya RJH loh.. (saya sering comment di status RJH di FB loh mba). Jgn anggap saya saingan mba. saya ga ada apa2nya mba susi ;D

    ReplyDelete
  6. Anonymous3/5/11 08:02

    Saya biasanya tidak posting dalam Blog tapi blog Anda memaksa saya untuk, bekerja luar biasa .. indah ...

    ReplyDelete
  7. anonymous : terima kasih karena telah berkinjung. terima kasih atas apresiasi anda. seandainya anda meninggal jejak (link/email) mungkin saya akan mengetahui siapa anda.

    ReplyDelete
  8. Mb fitria salam kenal...
    Aku juga tertarik ma bidang jahit menjahit...rencananya bulan depan aku mau mulai kursus menjahit...
    Ada tips2 buat pemula,yang membuat menjahit jadi mudah tidak?
    trima kasih

    ReplyDelete
  9. bajuny cantik mbak, djual y?

    ReplyDelete

hi,i'm fitria.
Thanks for visiting my blog.
and i love to read your comment.
leave your email if you need some answer ;D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...