13.10.10

Masalah pada mesin jahit (ku)

{trouble of (my) sewing machine}

Beberapa waktu yang lalu, hasil jahitan ku selalu kelihatan tidak rapi, bagian bawahnya kelihatan rapi dan rapat benangnya, tapi kok bagian atasnya benangnya kendur. Sampai akhirnya aku merasa kesal. Guruku bilang, kalau hasil jahitan atas yang kendur berarti ada yang salah dengan spull/sekoci bawahnya, sedangkan kalau hasil jahitan bawah yang kendur, berarti ada yang salah dalam memasang benang bagian atas. Berkali-kali ku cek, tidak ada yang salah dalam proses memasang benangku, dan spull/sekocinya pun ku periksa, tampaknya baik-baik aja. Padahal mesin jahit ini tidak pernah kerja keras, dipakainya pun tidak seharian penuh, tapi kenapa hasil jahitannya jadi jelek seperti ini, masa harus di bawa ke tukang service mesin jahit sih, aduh males banget (jauh dan masuk ke gang kecil lagi).

Akhirnya, ku putuskan untuk mencoba membuka bagian bawah mesin, tempat meletakkan sekoci (shuttle race). Pelan-pelan kubersihkan dengan kuas kecil dan kupasang kembali. Trus ku coba menjahit lagi, walah... Alhamdulillah hasil jahitannya bagus lagi. Ternyata perlu dibuka, dibersihkan dan dipasang kembali.


shuttle race

Kemudian, masalah yang lain yang pernah kutemui ketika aku menjahit, adalah hasil jahitanku, benang atas dan bawahnya tidak mau saling " mengait". jadi seperti menjahit tanpa ada benang di bawahnya. Ku periksa semua, cara masukin benang atas, sudah benar. Sekoci di periksa, kubuka shuttle race, dibersihkan dan dipasang kembali. Perasaan semua sudah diperiksa tapi kok hasil jahitannya masih seperti itu ya. Aku menyerah dan akhirnya minta bantuan guruku. Ternyata apa coba? Memasang jarumnya ketinggian. Ketinggian ??? aku bingung, bukannya tempat jarum itu ada penahannya, kok bisa ketinggian ya. Hehe.. ternyata mesin jahitnya mungkin sudah berumur alias tua, mungkin sudah doll penahannya.. lol..


penahan jarum di mesin jahit yamato

penahan jarum pada mesin jahit singer

Hehe..Sekarang mesin jahit sudah sehat kembali.. Ayo menjahit lagi ;D

17 comments:

  1. Keren, mbak Fitria tahu betul tentang mesin jahitnya...ajarin aku lagi yaa ;)

    ReplyDelete
  2. mungkin mesin jahitnya juga risih kalo badannya kotor yaa...
    ehehehee

    terima kasih awardnya Mbak..

    ReplyDelete
  3. mba lia : mau ga mau harus tau mba.. soalnya repot kalo "dia" sdh ngambek.. hehe

    Mba Lib : iya, dia jg gatal2 kl ga dimandiin mba.. lol.

    ReplyDelete
  4. I MISS MY MACHINE TOO!!!!!!!! hix

    ReplyDelete
  5. ah seandainya aku tahu gimana operasiin mesin jahitku..hehehehe..masih ada dikardus, ga tau pasang sekocinya gimana...

    ReplyDelete
  6. hai, gal, thx udh mampir ya. seandainya kita berdekatan, dgn senang hati saya akan berbagi ilmu. tp biasanya kita bisa bertanya bgm cara pakai mesin jahit di tempat kita membelinya gal.

    ReplyDelete
  7. mba fitriaa pake mesin apa kah ni?

    ReplyDelete
  8. mbak, kalau jahitannya atas terlalu kencang kenapa ya mbak? jadi benang jahitan bawah sampai nongol keluar gitu, jahitan jadi keliatan gak rapi.
    sekoci sudah dibersihkan dan sudah dicoba-coba kendorkan tapi masih tetap sama hasilnya, please help mbak...kepengen banget nyelesaiin jahitan baju. trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya kl jahitan yg bawah ga rapi, biasanya ada kesalahan dalam meletakkan benang yg atas, coba di ulangi lagi masang benangnya, mungkin ada lubang yg kelewatan.
      kl yang ga rapi benang bagian atas, berarti ada yg kurang pas dengan pemasangan benang bawahnya (di sekoci maksudnya)

      semoga bisa membantu ;D

      Delete
    2. Trims mbak tipsnya..ini sangat membantu kami.

      Delete
  9. alhamdulillah.... pas lagi ngadepin masalah yang sama dg mesin jahit saya... terimakasih ilmunyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukur kl bs membantu. Makasih sdh berkunjung

      Delete
  10. Assalamualaikum...mbak.q punya masalah dengan mesin jhtq nih...jahitannya itu lho kok gak mau nyantol ya...makasih...

    ReplyDelete
  11. Makasi... Penuh ketelitian, Sangat brmanfaat. Tapi tdi pas a masukin skocinya trlalu ditekan terus temat skoci it agak miring, pas a coba jalanin kok mesinya gk bisa..? Pa harus ditarik kali y..? Gmna neah da solusi..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dibuka lagi mba, bersihkan dulu dlm sekocinya kl misalnya berdebu, pelan2 pasang lagi rumah sekocinya, pelan2 dan harus benar, krn masang rumah sekoci memang agak ribet.
      semoga bermanfaat

      Delete
  12. wah.. mba fitria make mesin jahit yg sama aq beli... iseng2 mau belajar jahit pake mesin jahit..(sumpah buta bgt soal mesin jahit) belinyapun online, alhasil gak ngerti sama sekali... walaupun dipelototin jg ttp gk ngerti...#curhat ceritanya nih...

    ReplyDelete

hi,i'm fitria.
Thanks for visiting my blog.
and i love to read your comment.
leave your email if you need some answer ;D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...