3.1.11

Tutorial Bross Manik

{Brooch beads tutorial}



Akhirnya selesai juga tutorial ini, cukup panjang prosesnya walaupun sederhana hasil akhirnya. Oke.. yang berminat silahkan langsung mencobanya, gampang kok ^.^

{Finally, i finished this tutorial as well, long process although the final result is so simple. Okay .. are you interested??!! let's have some try, really easy ^. ^}

Bahan-bahan yang diperlukan :



  1. Kain {fabrik}
  2. Karton/duplek {carton/hard paper}
  3. Busa {foam}
  4. Kain keras/viselin {fusible interface}
  5. Flanel {felt}
  6. Jarum {needle}
  7. Benang jahit {thread}
  8. Manik-manik (1 warna sudah cukup, tapi aku memakai 2 warna) {beads}
  9. Peniti bross (menggunakan peniti biasa juga bisa kok) {pin}
  10. Lem tembak {glue gun}
Cara Membuat :



1. Buat pola berbentuk oval pada kain keras/viselin.
2. Gunting kain keras sesuai pola.
3. Satukan kain utama dengan viselin.
4. Setrika kain dengan viselin hingga lengket antara kain dengan viselin



5. Tusukkan benang pada sisi paling luar dari viselin, karena kita akan memulai memasang manik-manik dari lingkaran terluar.
6. Masukkan 2 manik dalam jarum.
7. Tusukkan jarum ke kain tepat di ujung manik (di ujung manik ke-2).
8. Kemudian tusukkan kembali jarum tepat di pangkal manik ke-1.



9. Masukkan jarum melewati lubang kedua manik. Hal ini dilakukan agar manik menempel dengan lebih kuat.
10. Ambil 2 manik lagi.
11. Tusukkan jarum ke kain tepat di ujung manik yang ke-4.
12. Kemudian tusukkan kembali jarum dari bawah kain tepat di pangkal manik ke-3.



13. Masukkan jarum melewati lubang manik ke-3 dan ke-4. ulangi terus proses (10-13) sampai selesai.
14. Mulai dari lingkar terluar.
15. Terus penuhi lingkaran.
16. Lingkaran yang telah penuh.



17. Potong busa dan karton duplek berbentuk oval.
18. Potong pinggiran kain bross, sisakan sekitar 1,5 cm.
19. Jelujur seluruh ujung kain.
20. Letakkan berurutan kain-busa-karton.



21. Tarik benang jelujuran tadi. Jahit sehingga cukup kuat dan membentuk oval.
22. Potong kain planel berbentuk oval.
23. Letakkan peniti di atas kain flanel, tandai letak untuk membuat lubang
24. Buat garis memanjang sesuai dengan lebar peniti.
25. Lipat flanel tepat di tempat membuat luabang.
26. Gunting sedikit tepat dibagian yang sudah ditandai.



27. Masukkan peniti yang berujung tajam terlebih dahulu.
28. Kemudian baru masukkan peniti yang berujung tumpul.
29. Posisi ketika peniti telah terselip di flanel.
30. Jahit peniti dengan flanel melalui lubang peniti.



31. Peniti yang sudah terjahit di flanel.
32. Satukan bagian depan bross dengan bagian belakang.
33. Gunakan lem tembak, ratakan agar tidak belepotan.
34. Satukan dengan hati-hati bagian depan dan belakang, tekan kuat-kuat agar menempel dan rapikan.



TARAAA... selesailah bross manik kita... gampang kan membuatnya.
Bagi yang ingin memcoba, Selamat mencoba ^0*



Tutorial ini juga bisa dilihat di sini:


28 comments:

  1. wah teknik masang penitinya keren mbak..
    biasanya aku cuma ditempelin aja,jd suka ga awet,,heh..
    makasiy idenya mbak..

    ReplyDelete
  2. lucu mba...keren...
    pengen nyoba bikin jadinya :)

    ReplyDelete
  3. Wow !! keren banget mbak
    sudah lama aku pengen bikin bros manik-manik, tapi ga pernah pede buatnya, ternyata ga begitu susah buatnya

    ReplyDelete
  4. telatennyaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  5. oiya mbak fitri..
    aku ada award untuk mbak..(sempet mikir,pasti mbak fitri dah banyak dapat award kyk gini, tapi gapapa aku tetap berniat menghadiakannya untuk mbak ^^)
    smoga berkenan ya mbak..

    cek di blog aku ya..
    http://ammi-abi.blogspot.com/2011/01/stylish-blogger-award.html

    makasiy mbak ^^

    ReplyDelete
  6. Asiik tutorialnya diposting..
    aku coba bikin ya mbak..
    hihi.. :D

    ReplyDelete
  7. wah...kreatif banget mbak !
    mesti dipraktekan nih.
    Salam kenal ya...

    ReplyDelete
  8. memang gampang..! (correct word right?) hehehe..

    i must try this.. thanks for sharing the tutorial. can we use the same method for crocheted flower brooch?

    Terima kasih Fitriaa..

    ReplyDelete
  9. Liaza: terima kasih sdh mampir. salam kenal juga ya ^^

    mama daniel: memang gampang, betul sekali ^.^

    do you mean my crocheted flower brooch? for my crocheted flower brooch i use different kind of pin, i call it "sarang(an) bross". i use it because it's kind of difficult to place a pin just like in brooch bead tutorial, too tiny.

    but may be if your crocheted brooch in small dimention, you can use that small pin.

    you can see the picture here of sarangan bross here.
    http://petraacc.com/gambar/pinbros280510B.jpg

    ReplyDelete
  10. kelihatannya gampang yaa...
    dan bisa bikin segala bentuk yang kita suka. misalnya bintang gitu...

    terima kasih Mbak
    tutorialnya keren!

    ReplyDelete
  11. Wah, cantiknya...! Makasih atas tutorialnya.

    Dina @ http://blog.sweetbatik.com

    ReplyDelete
  12. mba elsa : iya mba, ga rumit kok, asal telaten ngejahit manik2 yg kecil2 itu. hehe ;D

    mba dina : Terima kasih mba sudah mampir

    ReplyDelete
  13. wahhh mbak fitia jempolan ni...
    kemarn liat majalah style liat bross kayak gini... sempet bingung bikinnya... ehhh ketemu tutorialnya disini
    kereeeennn
    makasih ya mbak infonya,, aku suka blognya :DDDDDD

    ReplyDelete
  14. bagus mbak brosnya...keliatan mahal,,,padahal hand made.
    Pantes dicoba neh...

    ReplyDelete
  15. andriani : makasih udh mampir. hayano handmade juga keren banget.

    jual tas unik : thx.
    monggo silahkan di coba, kl berkenan di share ya, kl udh jd brosnya ;D

    ReplyDelete
  16. sederhana tapi hasilnya manis mba... thanks for sharing.. :)

    ReplyDelete
  17. sama2 mba tarlen, terima kasih udh mampir mba.

    ReplyDelete
  18. Jadi punya pengetahuan baru makasihhhhhhhhhhhhhh mba..........

    ReplyDelete
  19. sukaaaa sekali tulisan ini...
    makasih yaaa...
    tar dicoba..

    ReplyDelete
  20. mbak fitria, tutorial bros yang cantik ini, sudah di share linknya ya di Indonesia CraftyBlog ^^

    ReplyDelete
  21. Naaahhh iniiii.... aku dah lama loh nyari2 tips biar jait manik2ny rapiii! eh baru ketemu sekarang :D
    makasih sharenya mbaaa... :)
    *sambiljoget2dengerinlagunyambafitria*

    ReplyDelete
  22. wow...
    ijin mencoba ya mbak..thx udh di-share ide kreatif

    ReplyDelete
  23. maksih brosku dah jadi mbak...berkat tutorial mbak... mampir ke www.koleksihervi.com juga ya mbak.

    ReplyDelete

hi,i'm fitria.
Thanks for visiting my blog.
and i love to read your comment.
leave your email if you need some answer ;D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...