28.1.11

tutorial : menjahit resleting

{installing a zipper on skirt without rear connection}




aku (kami= aku dan iparku) kebagian baju seragam untuk nikahan sepupuku berupa kain brokat untuk atasan, sedangkan untuk bawahannya kami membeli sendiri. dan ibuku memutuskan agar kami seragam memakai bawahan dari batik, jadi kami membeli 8 m kain batik,jadi masing-masing mendapat 2 m termasuk ibuku dan kalau ada sisanya akan di buat baju untuk 2 keponakanku yang cowok.

nah karena aku lagi (semangat-semangatnya) belajar jahit baju nih, maka aku memutuskan aku akan menjahit seragam untuk aku dan iparku.. hehe.. sekalian uji coba. untuk bahan brokatnya akan aku ceritakan dipostingan berikutnya. kali ini aku ingin membahas mengenai pemasangan resleting pada bawahan batik ini.

kain batik ini memiliki motif/corak yang miring, dan agar kelihatan bagus sebaiknya motifnya menyambung-tidak terputus atau tidak tumpang tindih-naik turun. untuk percobaan pertama.. (maafkan aku ipar-iparku, kalo kainnya dijadikan bahan percobaanku) adalah rok milikku. aku memilih model rok tanpa ban pinggang. waktu itu belum terpikir tentang membuat rok tanpa belahan belakang atau membuat rok dengan resleting di samping. alhasil, aku harus (mencari-mencoba) mencocokkan motifnya agar tidak terputus sehingga kelihatannya bagus. cara seperti ini ternyata memboroskan kain.

percobaan kedua, untuk mamanya kay. dia memilih model rok lipit 2 di depan. nah pas mau bikin rok mamanya kay ini baru keingat aku pernah membuat rok tanpa sambungan di belakang. dulu aku pernah bikin rok dengan resleting jeans dengan bahan kain songket. dan berhasil..hore..hore..

nah percobaan ketiga, untuk mamanya razan. dia memilih rok tumpuk di depan. nah pas bikin rok mamanya razan ini aku sempat memoto proses memasang resletingnya. berikut tahapannya, semoga bermanfaat.

1. beri tanda letak resleting (batas atas adalah setengah dari panjang sisa resleting, demikian juga batas bawahnya) kemudian gunting sampai tanda.



2. siapkan kain sepanjang resleting (lebihkan agak panjang) dengan lebar kira-kira 15 cm.



3. posisikan seperti gambar.



4. jahit sedikit pada pinggiran kain, perhatikan jangan sampai ada serat kain yang keluar.



5. hasil jahitan.



6. gunting tepat ditengah.



7. balik dan kemudian posisikan resleting dimana setengah sisa resleting berada tepat di garis pinggang. jelujur sepanjang resleting agar tidak bergeser.



8. gunakan sepatu khusus untuk menjahit resleting.



9. jahit bagian kiri resleting dengan posisi resleting terbuka.



10. ketika sampai di tengah-tengah resleting, tutup resleting dengan cara mengangkat sepatu tetapi jarum dalam keadaan menusuk ke kain, miringkan kain sedikit, lalu tarik penutupnya. jahit sisanya.




11. posisikan bagian kanan kain-penutup resletingnya. letakkan tepat menutupi bagian kiri resletingnya.



12. resleting dalam keadaan tertutup. tahan dengan jarum pentul atau jelujur.



13. jahit mulai dari bawah resleting dan lihat hasilnya.



14. tampak belakang.



nah, resleting apa yang sebaiknya kita gunakan dalam pakaian kita. pernahkan selama ini kita memperhatikan merek resleting yang kita pakai. di Rumah Jahit Haifa terdapat artikel mengenai merek-merek resleting, dari yang kualitas bagus hingga kualitas paling bawah. semoga bermanfaat.

tutorial ini juga bisa dilihat di sini:



17 comments:

  1. wah tutorial yg aku butuhkan..trims ya:)

    ReplyDelete
  2. terima kasih Mbak Fit...
    aku pingin belajar pasang resleting, eh disini ada tutorialnya
    terima kasiiih

    ReplyDelete
  3. Fitriaa.. you explain very well.. thanks a lot for sharing.. :D

    ReplyDelete
  4. sedikit bermasalah sama menjahit resleting...
    makasih mbak tutorislnya

    ReplyDelete
  5. Tutorial bagus, saya juga masih bermasalah dengan pasang memasang resleting. makasih ya mbak :)

    ReplyDelete
  6. mb....,kalau utk pasang retsleting rok,udah lumayan sih..,tp aku msh payah di pasang retsleting utk tas.Bg tutorialnya,dooongng....makasih,ya.......?
    numpang2 jg....buat bunda2...silahkan mengunjungi www.firaasdaaniys.blogspot.com.
    Aneka krasi flanel....kaos,tas,sajadah,dan souvenirnya lucu2 & murah,kok....makasiihhhh.....

    ReplyDelete
  7. PIP collection : terima kasih mba sudah mampir. maaf ya mba, blm sempat bikin tutorial lagi nih.
    coba cek di sini aja ya :

    http://u-handbag.typepad.com/uhandblog/freebie-.html

    http://diybaglover.blogspot.com/http://totallytutorials.blogspot.com/search/label/bags%2Fpurses

    selamat menjelajah mba ^)*

    ReplyDelete
  8. PIP collection : terima kasih mba sudah mampir. maaf ya mba, blm sempat bikin tutorial lagi nih.
    coba cek di sini aja ya :

    http://u-handbag.typepad.com/uhandblog/freebie-.html

    http://diybaglover.blogspot.com/

    http://totallytutorials.blogspot.com/search/label/bags%2Fpurses

    selamat menjelajah mba ^)*

    ReplyDelete
  9. makasih banget mbak, kebetulan sekali aku mau jahit baju kurung mama ku, bingung jahit resleting spt ini, aku biasa pake invisible zipper.

    ReplyDelete
  10. saya suka tutorialnya mbak Fitria, langkah2 nya cukup jelas buat saya. ijin share ya di Indonesia CraftyBlog, thanks

    ReplyDelete
  11. terimakasih tutorialnya Mbak... ^^ berguna sekali bagi saya yg lg belajar menjahit... :)

    ReplyDelete
  12. mba, nanya donk beli sepatu untuk mesin jahit nya dmna ya? trus apakah cocok untuk semua mesin jahit, punya ku mesin jahit merk singer... tq mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. belinya di toko alat2 jahit. bilang aja sepatu untuk resleting. bilang juga merek mesin jahitnya singer.

      Delete
  13. Terimakasih untuk informasinya.. Sangat membantu.. Best regards : Fitinline..

    ReplyDelete

hi,i'm fitria.
Thanks for visiting my blog.
and i love to read your comment.
leave your email if you need some answer ;D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...