30.1.11

tutorial : membuat tali sengkelit

{making spaghetti straps}



aku belajar membuat kebaya sederhana dengan kancing bungkus dan tali sengkelit. dan sengaja ku pilih warna kain yang sesuai dengan rok songket dengan resleting jeansku agar aku bisa memakainya suatu hari nanti.




dengan kerah berbentuk hati dan kerah setengah tegak




inilah tali sengkelit pertamaku..harus berkali-kali mencoba baru bisa berhasil..hehe.. mau tau bagaimana cara membuatnya?
yuk.. mariiii... simak tahapan pembuatannya ;D



1. siapkan kain serong (kain yang di potong menyerong dari serat kain yang lurus) dengan lebar kira-kira 6 cm dan panjangnya sesuai kebutuhan. kemudian libat menjadi 2 bagian, tahan dengan jarum pentul bila perlu (bagian buruk kain berada di luar)




2. jahit sedikit dengan lebar kira 0,3 atau 0,4 cm (jangan terlalu kecil nanti susah di balik). selesai di jahit, potong kampuh hingga sisa sedikit dan gunting ujungnya hingga berbentuk runcing (semakin besar kampuh, semakin besar kepadatan tali sengkelit)



3. siapakan jarum dengan 4 lapis benang, kemudian tusukkan ke dalam ujung lubang sengkelit yang berbentuk runcing tadi.



4. kemudian sekali lagi, masukkan kembali jarum ke dalam ujung lubang sengkelit, tarik hingga kuat (tidak lepas benangnya). kemudian masukkan kepala jarum (yang berlubang) ke dalam lubang sengkelit.



5. pelan-pelan, lewatkan jarum berbenang 4 lapis tadi ke dalam lubang sengkelit, hingga kepala jarum muncul kembali. tarik jarum hingga keluar.



6. tarik benang pelan-pelang, hingga ujung awal sengkelit tadi mulai tertarik masuk ke dalam lubang sengkelit. tarik terus hingga habis dan bagian buruk kain (kampuh) berada di dalam tali sengkelit.



7. taraaaa.. jadi deh tali sengkelitnya. mungkin perlu beberapa kali mencoba, agar menghasilkan tali sengkelit yang bagus dan rapi.


9 comments:

  1. Great Tutorial... spaghetti straps are always so fiddly to make!
    While here I thought I'd invite you over to say hi and to enter my follower giveaway.
    Hope you can stop by...
    Cheers
    The Spangler @
    The Quick Unpick

    ReplyDelete
  2. mba fitria ahlinya rapiiiiii

    ReplyDelete
  3. Wah.... idenya bagus banget nih !

    ReplyDelete
  4. mba wartini : terima kasih mba, salam kenal, terima kasih sudah mampir mba

    ReplyDelete
  5. wah makasih bgt nih mbak
    dulu aku setengah mati bikinnya soalnya guruku ngajarinnya gak kaya gini
    sekarang jd terbantu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba adria. saya pun harus berkali2 mencoba baru bisa berhasil ;D

      Delete
    2. Wah rapi banget,,
      saya g bisa pke cara mb fitri, sy bisanya yang dimasukkan lidi kedalam kainnya..
      Tp akan sy coba lg caranya mb fitria.

      Btw,,alas yang kotak-kotak itu buat motong kain y??? dimana mb belinya??? sy mau beli, tp g tw dimana orang jual. Di Balikpapan ada g y kira2,,

      Delete
  6. wah mbak fitri, makasih tutorialnya, bingung pasti klo bikin "tali kecil", ga tau namanya apa dulu hehe..

    ReplyDelete

hi,i'm fitria.
Thanks for visiting my blog.
and i love to read your comment.
leave your email if you need some answer ;D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...