11.4.11

tutorial : pembuka minuman kaleng sebagai pengganti "ring D"

{reuse a baverage can opener as ring D}




suka minum minuman kaleng? setelah isinya habis, biasanya kalengnya langsung dibuang kan. sebenarnya sayang loh kl langsung dibuang. kalau kita mau sedikit repot, kita bisa mulai mengumpukan kaleng-kaleng tersebut, kalau sudah terkumpul banyak bisa dijual ke pengumpul barang-barang bekas atau kita berikan saja pada pemulung yg lewat depan rumah, hitung-hitung membantu orang lain, kan bisa menambah penghasilan mereka, walupun cuma sedikit.



sebelum kaleng-kaleng itu kita jual ke pengumpul atau kita berikan ke pemulung, sebaiknya ambil dulu pembuka kalengnya, karena pembuka kaleng ini ternyata bisa kita manfaatkan sebagai pengganti ring D, yang biasanya kita pakai untuk membuat gantungan kunci atau dompet kecil.

pertama-tama siapkan dulu bahannya :



1. kain perca 3 macam (bagian depan, belakang dan untuk gantungan)
2. dakron (atau bahan pengisi yang lain)
3. benang jahit
4. pembuka minuman kaleng
5. gantungan kunci

cara pembuatan :



1. beri tanda bagian yang akan dijahit.



2. lipat menjadi 3 bagian, kain yang digunakan untuk menyatukan pembuka kaleng dengan gantungannya.



3. masukkan kain yang telah lipat menjadi 3 tadi ke dalam lubang pembuka kaleng.



4. posisikan secara berurutan : paling bawah adalah kain bagian belakang, kemudian pembuka kaleng dan terakhir adalah bagian depan kain dengan bagian baik kain saling berhadapan dan menghadap ke dalam.

tips : perhatikan meletakkan gantungan pembuka kalengnya, jangan sampai terbalik ya antara bagian yang rata dan bagian yang berongga



5. jahit dan sisakan sedikit lubang untuk membalik kain dan memasukkan bahan pengisi.



6. sebelum dibalik, rapikan pinggiran kain (kampuhnya), gunting/potong/cacah kecil-kecil agar bentuknya setelah dibalik menjadi bagus. kemudian balik kain sehingga bagian kain yang buruk berada di dalam. isi dengan dakron dan terakhir jahit bagian yang berlubang

tips : untuk memudahkan membalik kain, dahulukan melewatkan pembuka kaleng pada lubang yang terbuka



7. terakhir pasang gantungan kuncinya dan selesailah gantungan kunci kita

tips : gunakan 2 buah tang untuk memasang gantungan kunci ini (tang digunakan untuk merenggangkan rantai pada gantungan kunci, sehingga pembuka kaleng bisa dimasukkan)



gantungan kunci dengan gambar gadis yang membawa boneka sambil makan permen dan seorang gadis lagi yang sedang memakai payung




20 comments:

  1. bener2 kreatif ini Ibu kita yang satu ini.. :) TFS yaa Mba Fit..

    ReplyDelete
  2. woowww...ide kreatif bgd!!!izin copy idenya kak :D

    ReplyDelete
  3. mbak fitri :)
    thanks a lot link-ku udah dipasang (baru ngecek nih, hehe). ntar dirumah, akan kupasang link balik...

    oia, td di salah satu kelas ada murid yg presentasi tentang reduce, reuse, recycle. aku jadi terpikir untuk mengolah kemasan susu kotak menjadi sesuatu :D

    tfs mbak :D

    ReplyDelete
  4. mba vita : terima kasih mba. semoga besok2 dpt ide lagi untuk reduce reuse recycle.

    mba iejha : monggo, silahkan mba ;)

    mba tyke : saya tunggu postingannya dengan kemasan kotak susu, pasti unik deh kl mba tyke yg buat ;)

    ReplyDelete
  5. wow kreatifnya. Thanks for sharing fitriaa

    ReplyDelete
  6. kreatif sekali yah...
    salam kenal yah...

    ReplyDelete
  7. cute! you're very creative ;)

    ReplyDelete
  8. like this. sederhana tapi gampang diaplikasi in, mbak.

    ReplyDelete
  9. All : terima kasih banyak atas apresiasinya ya

    ReplyDelete
  10. suka nie idenya.
    Langsung...........beli minuman kaleng ahhhh.
    Thx for sharing.

    nuhy2005.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. qiqi : terima kasih qiqi cantik ;D

    mba nuhy : langsung diborong aja mba, hari-hati kembung perutnya nanti..hihi ;D

    ReplyDelete
  12. Yg recycle2 begini yg aku suka :)

    ReplyDelete
  13. wOW..kreatif sekali...suka sekali ide2 cara mengolah kembali ( recycle )..barang bekas sekitar menjadi handmade yg cantik...TFS mbak fitria..salam kenal juga dari surabaya..^.^ ( visit me back if u dont mind :))

    ReplyDelete
  14. waaaahh...kreatip bgt mbak.....salut...
    salam kenal ya...jalan2 k blogq..:))

    ReplyDelete
  15. mba lia : memang yg recycle itu lebih seru mba ^.^

    edhini : terima kasih ya sdh mampir
    ^^

    gazelle : terima kasih ya sdh mampir. segera meluncur ke tempat gazelle.. ;D
    *terbang

    ReplyDelete
  16. wuihhh keren, ga kepikir.tx mbak diriku :D

    ReplyDelete
  17. Terima kasih untuk blog yang menarik

    ReplyDelete
  18. keren bangeeet idenya Fitria .... mantapppsss ....

    ReplyDelete
  19. wow.. mba Fitria ini slalu memukau kreatifitasnya..salut buat mba Fit ^_^

    ReplyDelete

hi,i'm fitria.
Thanks for visiting my blog.
and i love to read your comment.
leave your email if you need some answer ;D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...