4.11.10

Peristiwa di subuh hari - kebocoran tabung gas

{gas leak this morning}

Judulnya “Raihan” banget ya. Tapi kejadian ini memang berlangsung ketika subuh, tadi pagi.

Subuh tadi suamiku terbangun dan tidak bisa tidur lagi, sambil berbaring dia menunggu suara adzan. Kira-kiran jam 5 pagi, tiba-tiba dia mendengar suara “tit tit tit…” nyaring banget. Sebelumnya tidak pernah terdengar suara seperti itu di rumah. Trus dia membangunkanku dan bilang “gas bocor”. Kalang kabut aku bangun, keluar kamar, menuju dapur. Suara mendesis, nyaring banget dan bau seperti duren yang menyengat. Suara alarm kebocoran gas “tit tit tit” yang nyaring semakin menambah kepanikan.

Segera aku lagi ke kamar orang tuaku, membangunkan bapak ibuku. Semua berlari ke dapur, tapi tidak ada yang berani mencabut selang gas, suami tidak bisa karena tidak pernah pasang gas,yang biasa bongkar pasang selang gas adalah ibuku, ibuku sudah panik dan gemetar. Bapak juga tidak bisa apalagi aku.

Akhirnya adikku dibangunkan, tapi sebelumnya aliran listrik dimatikan, pintu dapur dibuka, dan menyiapkan handuk basah. Akhirnya adikku yang mencabut selang setelah sebelumnya mematikan alarm dan suara mendesispun berhenti.. haaaaaaaah……

Segera si tabung gas ditutup dengan handuk basah.

Setalah duduk lemas di meja makan, kami kembali mengingat kejadian sebelum kejadian gas bocor ini. Gas ini baru diganti siang kemaren dan di pakai masak sampai sore dan tidak ada gas bocor tuh. Trus sekitar jam 3 pagi aku dan suamiku juga bangun malam dan belum ada gas bocor. Jam 4 bapakku bangun juga tidak terjadi apa-apa. Berarti bocornya gas baru saja terjadi, dan kami semua tidak tau penyebabnya.

Untung Alhamdulillah, syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, kami sekeluarga masih dilindungi oleh-Nya. Beberapa waktu yang lalu bapak membeli alat deteksi kebocoran gas seharga Rp 200.000,- dari bapak loper koran yang tiap pagi mengantar Koran ke rumah. Ketika pertama kali di pasang alat itu berbunyi “tiiit” sekali dan lampu hijau menyala. Ketika itu aku sempat ngomong “susah juga ya mengetahui alat ini berfungsi apa tidak, kalau tidak ada gas yang bocor” dan subuh tadilah ketahuan kalau alatnya berfungsi.


alat pendeteksi kebocoran tabung gas

Berdasarkan kejadian singkat subuh tadi, beberapa hal yang bisa dilakukan ketika mengetahui kebocoran gas :

  1. Jangan panik, kepanikan sama sekali tidak akan membantu menyelesaikan masalah.
  2. Matikan aliran listrik di rumah dan jangan menyalakan api
  3. Buka pintu dan jendela
  4. Segera cabut selang gas dan tutupi dengan handuk/kain basah
  5. Beri selang waktu yang agak lama sampai tidak ada lagi bau gas yang tercium untuk mulai memasang lagi selang gas dan menggunakan kompor gas. Nyalakan bila ada kipas angin untuk menyedot udara/asap keluar dapur (biasanya kipas ini berfungsi 2 arah, meyedot keluar dapur, atau menyedot udara ke dalam dapur). Setelah sekitar satu jam kemudian ibuku mulai lagi menggunakan kompor gas untuk memasak air panas karena ibuku pecandu berat kopi dan tiap pagi harus minum kopi (kebiasaan ini menurun kepada semua anak-anaknya ^_^)

Karena tadi sempat mematikan aliran listrik, rumah jadi gelap gulita, jadi sebaiknya untuk menghadapi keadaan seperti ini sediakan lampu senter di tempat yang gampang terjangkau, dan jangan menyalakan api.


9 comments:

  1. alhamdulillaah segera teratasi ^^

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah msh dlm lindungan Allah SWT. thx ya ky

    ReplyDelete
  3. AlhamdulliLLAH mbak masih dilindungi oleh ALLAH
    dulu juga pernah tjd sama aku, bocornya dari samping gas (tepat di sambungan antara 2 plat). untungnya kompor belum sempat dinyalain

    ReplyDelete
  4. iya mba, kita mesti lebih waspada dan berhati2

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah mba ga kenapa-napa. Aku baru tau mesti pake handuk basah. Seminggu yang lalu kejadian juga dirumahku gas bocor, mana dirumah ga ada alat pendeteksi yg mbak punya :(
    Itu juga baru pasang tabung gas baru malamnya. Siangnya jam 10an pas aku mau minum lemon tea hangat, aku cium bau gas dan denger suara mendesis. Aku langsung agak panik, buka pintu tengah dan pintu belakang dan matiin gasnya. Tetep masih ada bau dan panik. Tapi setelah 3 jam udh gpp. Malemnya nyokap minta tolong penjual gas buat pasangin lagi, hehehe. Skarang udh gpp.

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah G, ga terjadi apa2. yg penting waspada dan tau cara penangan yg tepat dan tidak panik. stl kejadian itu, seharian ak ga menyentuh kompor gas. masih takut. tp skg udh ga papa ^.^

    ReplyDelete
  7. Puji Tuhan mbak, berkat alat ajaib itu jd bs mencegah hal yg paling buruk. :)
    makasih infonya Mbak, aku mau kasih tau mamaku supaya beli alat itu.

    ReplyDelete
  8. wuih, alhamdulillah gak terjadi apa apa ya Mbak...

    ngeri banget
    kan bahaya tuh kalo sampe meledak

    tipsnya Oke
    aku ingat ingat

    ReplyDelete
  9. puri & mba elsa: thx ya

    mencegah lebih baik baik dr pd sdh kejadian ;D

    ReplyDelete

hi,i'm fitria.
Thanks for visiting my blog.
and i love to read your comment.
leave your email if you need some answer ;D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...